Jumat, 20 Juli 2012

Kehalalan Software Saya

Sebenarnya agak dilema dalam pembelajaran yang selama ini dilakukan oleh saya dan beberapa teman saya. Karena saya membelajarkan jujur dan mengedepankan ke "halal" an. Akan tetapi saya saja masih menggunakan software yang tidak berlisensi. Berat juga  untuk menyalahkan, karena memang kita masih bergantung pada software tersebut. Pada topik ini adalah tinjauan kehalalan dalam menggunakan software di komputer.



Halal (حلال, halāl, halaal) adalah istilah bahasa Arab  yang berarti "diizinkan" atau "boleh".

dalam hal ini ada beberapa kasus yang dimaksud halal
 
Surat Al Baqarah : 168 yang artinya:
 “Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syetan; karena sesungguhnya syetan itu adalah musuh yang nyata bagimu"      

Apakah itu berlaku hanya untuk makanan?
Sejatinya kalau makanan yang tidak halal kita dilarang, seharusnya menggunakan barang yang tidak halal juga dilarang.

Oleh karena itu target saya, memasuki bulan ramadhan ini. Akan berbagi menggunakan Software matematika yang free. Yang tentunya harus dijalankan di OS yang halal juga. Kebetulan saya pakai Ubuntu oneiric Ocelot yang simbolnya kucing imut. Hehehe..

Saya tidak berani mengejek klo yang selama ini yang pakai salah. Karena saya juga msh bergantung. Mari kita wujudkan Masyarakat yang bersih, dimulai dari kita sendiri. Tanpa perlu menghina orang lain dan menyalahkan.

Rujukan:
MUI. 2012. http://www.halalmui.org/newMUI/index.php/main/go_to_section/14/39/page. diakses tanggal 21 Juli 2012

Wikipedia. 2012.  http://id.wikipedia.org/wiki/Halal , diakses tanggal 21 Juli 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar