Selasa, 05 Februari 2013

Nilai dan Pola Pikir

Agenda akhir semester merupakan suatu agenda yg amat menyesakkan. Hal ini berlaku bagi saya selaku guru dan juga berlaku jg bagi siswa saya. Kesesakan itu terjadi akibat nilai yg diberikan oleh guu terkadang kurang sesuai dengan harapan yg diinginkan oleh siswa. Ada beberapa aspek yg mungkin bisa terjadi, mungkin krn saya selaku guru kurang adil, keagresifan dari peserta didik, atau memng guru tdk menilai. Sebenarnya apakah yg harusnya kita nilai? Apakah hanya berdasarkan dari nilai ujian. Lalu apakah nilai yg tidak dari nilai ujian itu merupakan nilai subjektif?


Semua orang pasti punya alasan untuk menilai. Tetapi hakikatnya penilaian tentunya ada dasar dan tujuan. Yg tentunya dari penilaian itu kita mengharapkan lulusan yg sesuai dengan tujuan akhir visi dan misi perguruan tinggi.
Jika diperhatikan, lulusan yg terbaik itu apakah yg nilainya tinggi? Ataukah lulusan yg pantang menyerah, pandai berkominikasi sosial, dan senantiasa sabar? Klo saya sih semua nya harus terpenuhi. Artinya anda bolehlah pintar, namun jika kurang pandai berkomunikasi, dan juga emosional kurang baik ( tdk sabar, mudh menyerah, dan menggerutu terus menerus), saya rasa itu jg kurang baik. I think every one not be perfect. So tutupilah kekurangan kita dengan kelebihan kita? Apakah kita punya? Ya pasti punya.
Saya jadi teringat waktu jaman ngaji dituturi oleh ustad ngaji saya, "Cah bagus, tholabul ilmi faridhotun ala kulli muslimin wal muslimah". Hmm. Saya hayati lagi, memang benar jg. Kita wajib menuntut ilmu. Dari sini saya berencana memperbaiki niat saya selama beraktivitas. Saya berniat mencari ilmu krn Allah. Mudah2n ilmu saya bisa barokah manfaat fiddun ya khatal akhiroh. Aamiin.
Harapa saya semester ini hasil evaluasi pribadi saya. Saya coba merancang penilaian. Yah adil itu didalam kitab2 memang sulit, bahkan untuk poligami saja hampir tdk diperbolehkan krn adil itu dirasa susah. Tetapi saya berniat semester ini bisa lebih baik. Ya robb beri petunjuk hambamu.
Alhasil ini curhat atau apalah i dont know. Cuma iseng supaya senantiasa bisa berkreasi via tulisan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar